Apakah IMK itu ?
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau biasa
disebut Human Communication Interaction (HCI)merupakan ilmu yang
mengkaji mengenai komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem.
§
Apa definisi
dari IMK ?
Definisi dari interaksi manusia dan komputer adalah
sebagai berikut :
1. Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan yang dilalui
pengguna dalam memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer
2. Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain,
evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan
manusia dengan mempertimbangkan fenomena di sekitar manusia itu sendiri.
3. Suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam
lingkungan kerjanya
§
Apa saja
yang melatarbelakangi IMK ?
1. Pengguna (Users) ingin menguasai cara mengoperasikan
komputer dengan benar.
2. Pengguna (Users) tidak tahu menahu dengan proses yang
terjadi di dalam sistem komputer.
§
Apa tujuan
disusunnya IMK ?
1. Untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer
2. Mendapatkan berbagai umpan balik selama bekerja pada
sistem komputer.
3. Menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan,
aman, efektif, dan efisien.
§
Apa saja
Komponen-komponen IMK ?
Interaksi Manusia dan Komputer melibatkan tiga
komponen, yaitu :
1. Pengguna
2. Interaksi
3. Sistem
§
Apa saja
faktor pendewasa IMK ?
1.Faktor Linguistik
a. Peran bahasa sebagai antarmuka.
b. Memudahkan dalam penggunaan sistem.
c. Menghindari kesalahpahaman dalam penggunaan sistem
2.Faktor Kecerdasan buatan (Artificiall Intelegence)
Suatu bagian ilmu komputer yang bertujuan agar
komputer dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia, dimana
merupakan penggabungan cara berpikir manusia dan mesin, untuk mengambil
keputusan, memecahkan masalah, dan pembelajaran.
3.Faktor Ergonomik
§
Ilmu yang
mempelajari bentuk tubuh manusia terhadap suatu benda.
§
Berhubungan
dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.
§
Ilmu yang
mempelajari perancangan dan pengaturan barang-barang yang digunakan manusia
4.Faktor Antropologi
§
Memberikan
gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan
dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing.
§
Dapat
memberikan pandangan yang mendalam tentang cara kerja dari setiap kelompok
karyawan yang ada dalam satu perusahaan, dimana terjadi komunikasi antara
manusia dan peralatan yang digunakan.
5.Faktor Sosiologi
Berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam
struktur sosial.
6.Faktor Multimedia
§
Tampilan
menjadi lebih menarik
§
Lebih mudah
dimengerti oleh user
§
Adanya
gambar, suara, teks, grafik, dsb.
7.Faktor Design Grafis
§
Pengguna
design grafis dalam ilmu komputer sudah menjadi kebutuhan dimasa sekarang.
§
Banyak
aplikasi yang tidak hanya berbentuk teks, tetapi dalam bentuk multidimensi.
8.Faktor teknik penulisan
§
Teknis
menulis adalah penyajian informasi yang membantu pembaca memecahkan masalah
tertentu.
§
Merupakan
bentuk panduan secara manual dari suatu produk.
§
User
diharapkan akan mudah berinteraksi dengan sistem jika sudah mempelajari panduan
manual tersebut.
9.Faktor psikologi
§
Setiap user
memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda.
§
Siapa target
pengguna program.
§
Bagaimana
lingkungan dari user.
§
Perilaku
user secara umum.
§
Pengetahuan
dan keahlian pengguna
10.Faktor bisnis
§
Semakin
banyak permintaan pasar yang datang dari pengguna gadget (komputer, ponsel,
komputer tablet, dsb).
§
Semua
mengacu dari perkembangan teknologi informasi yang merupakan peluang bisnis.
11.Faktor Matematika
Pembuatan sistem berdasarkan perhitungan matematika
agar bisa efisien
12.Faktor Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
a. Instruksi yang bila dieksekusi akan memberi fungsi
dan kerja yang diinginkan.
b. Struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi
informasi secara proposional.
c. Dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan
program.
d. RPL ini merupakan suatu faktor yang bisa
menciptakan suatu program yang efektif, efisien serta user friendly sehingga
darinya dapat menghasilkan suatu mesin yang betul- betul diinginkan oleh user.
§
PENDAHULUAN
KOMPUTER
1. Komputer adalah partisipan dalam interaksi yang
menjalankan program
1. Merupakan frasa umum, mencakup banyak peralatan
interaktif – saklar cahaya, mobil, dll.
2. Kita harus lebih memperhatikan komputer elektronik.
2. Ada 2 bentuk perbedaan utama interaksi :
3. Batch- biasanya jika sejumlah besar data harus
dibaca/diproses dalam mesin; membutuhkan hanya sedikit intervensi/campur tangan
pengguna
4. Interaktif-Saat pengguna mengontrol sesuatu di
sepanjang waktu
5. Konsentrasi pada penggunaan interaktif
§
PRINSIP
KERJA SISTEM KOMPUTER
§
TUJUAN USER
INTERFACE
Agar sistem komputer yang digunakan user bisa
memperhatikan aspek-aspek kemudahan user :
1. Efektifitas
2. Fleksibilitas ( keluwesan )
3. Kemudahan dipelajari
4. Sikap orang terhadap sistem
§
INTERAKSI
Merupakan jembatan yang menghubungkan antara user dan
komputer (user interface).
Interaksi membantu manusia, karena merupakan
implementasi dari apa yang terjadi antara user dan sistem.
§
ANTARMUKA
MANUSIA DAN KOMPUTER
Antarmuka komputer hrs user friendly (ramah
dengan pengguna) yaitu :
1. antarmuka yg bagus.
2. mudah dioperasikan
3. mudah dipelajari
4. pengguna merasa senang menggunakan software tsb.
§
JENIS
ANTARMUKA KOMPUTER
1. Antarmuka berbasis teks
2. Antarmuka berbasis grafis / GUI (Graphical User
Interface)
3. Antarmuka berbasis web
4. Antarmuka berbasis mobile
Tidak ada komentar:
Posting Komentar