Minggu, 24 Maret 2019

Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer


Apakah IMK itu ?
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau biasa disebut Human Communication Interaction (HCI)merupakan ilmu yang mengkaji mengenai komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem.
§  Apa definisi dari IMK ?
Definisi dari interaksi manusia dan komputer adalah sebagai berikut :
1.      Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan yang dilalui pengguna dalam memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer
2.      Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena di sekitar manusia itu sendiri.
3.      Suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya
§  Apa saja yang melatarbelakangi IMK ?
1.      Pengguna (Users) ingin menguasai cara mengoperasikan komputer dengan benar.
2.      Pengguna (Users) tidak tahu menahu dengan proses yang terjadi di dalam sistem komputer.
§  Apa tujuan disusunnya IMK ?
1.      Untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer
2.      Mendapatkan berbagai umpan balik selama bekerja pada sistem komputer.
3.      Menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif, dan efisien.
§  Apa saja Komponen-komponen IMK ?
Interaksi Manusia dan Komputer melibatkan tiga komponen, yaitu :
1.      Pengguna
2.      Interaksi
3.      Sistem

§  Apa saja faktor pendewasa IMK ?
1.Faktor Linguistik
a. Peran bahasa sebagai antarmuka.
b. Memudahkan dalam penggunaan sistem.
c. Menghindari kesalahpahaman dalam penggunaan sistem
2.Faktor Kecerdasan buatan (Artificiall Intelegence)
Suatu bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia, dimana merupakan penggabungan cara berpikir manusia dan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah, dan pembelajaran.
3.Faktor Ergonomik
§  Ilmu yang mempelajari bentuk tubuh manusia terhadap suatu benda.
§  Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.
§  Ilmu yang mempelajari perancangan dan pengaturan barang-barang yang digunakan manusia
4.Faktor Antropologi
§  Memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing.
§  Dapat memberikan pandangan yang mendalam tentang cara kerja dari setiap kelompok karyawan yang ada dalam satu perusahaan, dimana terjadi komunikasi antara manusia dan peralatan yang digunakan.
5.Faktor Sosiologi
Berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial.
6.Faktor Multimedia
§  Tampilan menjadi lebih menarik
§  Lebih mudah dimengerti oleh user
§  Adanya gambar, suara, teks, grafik, dsb.
7.Faktor Design Grafis
§  Pengguna design grafis dalam ilmu komputer sudah menjadi kebutuhan dimasa sekarang.
§  Banyak aplikasi yang tidak hanya berbentuk teks, tetapi dalam bentuk multidimensi.
8.Faktor teknik penulisan
§  Teknis menulis adalah penyajian informasi yang membantu pembaca memecahkan masalah tertentu.
§  Merupakan bentuk panduan secara manual dari suatu produk.
§  User diharapkan akan mudah berinteraksi dengan sistem jika sudah mempelajari panduan manual tersebut.
9.Faktor psikologi
§  Setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda.
§  Siapa target pengguna program.
§  Bagaimana lingkungan dari user.
§  Perilaku user secara umum.
§  Pengetahuan dan keahlian pengguna
10.Faktor bisnis
§  Semakin banyak permintaan pasar yang datang dari pengguna gadget (komputer, ponsel, komputer tablet, dsb).
§  Semua mengacu dari perkembangan teknologi informasi yang merupakan peluang bisnis.
11.Faktor Matematika
Pembuatan sistem berdasarkan perhitungan matematika agar bisa efisien
12.Faktor Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
a. Instruksi yang bila dieksekusi akan memberi fungsi dan kerja yang diinginkan.
b. Struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proposional.
c. Dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program.
d. RPL ini merupakan suatu faktor yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien serta user friendly sehingga darinya dapat menghasilkan suatu mesin yang betul- betul diinginkan oleh user.
§  PENDAHULUAN KOMPUTER
1.      Komputer adalah partisipan dalam interaksi yang menjalankan program
1.      Merupakan frasa umum, mencakup banyak peralatan interaktif – saklar cahaya, mobil, dll.
2.      Kita harus lebih memperhatikan komputer elektronik.
2.      Ada 2 bentuk perbedaan utama interaksi :
3.      Batch- biasanya jika sejumlah besar data harus dibaca/diproses dalam mesin; membutuhkan hanya sedikit intervensi/campur tangan pengguna
4.      Interaktif-Saat pengguna mengontrol sesuatu di sepanjang waktu
5.      Konsentrasi pada penggunaan interaktif
§  PRINSIP KERJA SISTEM KOMPUTER

§  TUJUAN USER INTERFACE
Agar sistem komputer yang digunakan user bisa memperhatikan aspek-aspek kemudahan user :
1.      Efektifitas
2.      Fleksibilitas ( keluwesan )
3.      Kemudahan dipelajari
4.      Sikap orang terhadap sistem
§  INTERAKSI
Merupakan jembatan yang menghubungkan antara user dan komputer (user interface).
Interaksi membantu manusia, karena merupakan implementasi dari apa yang terjadi antara user dan sistem.
§  ANTARMUKA MANUSIA DAN KOMPUTER
Antarmuka komputer hrs user friendly (ramah dengan pengguna) yaitu :
1.      antarmuka yg bagus.
2.      mudah dioperasikan
3.      mudah dipelajari
4.      pengguna merasa senang menggunakan software tsb.
§  JENIS ANTARMUKA KOMPUTER
1.      Antarmuka berbasis teks
2.      Antarmuka berbasis grafis / GUI (Graphical User Interface)
3.      Antarmuka berbasis web
4.      Antarmuka berbasis mobile


Tidak ada komentar:

Posting Komentar