Mata Kuliah : Interaksi Manusia dan Komputer
Dosen : Tomy Satria Alasi, M.Kom.
1. Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Apakah ini ada kaitan dengan keyboard dan layar? Jelaskan!
Jawab:
Ya, ada kaitannya.
Manusia dapat dengan mudah melihat apa yang ingin dilakukan pada komputer dengan melihat layar komputer, dan keyboard digunakan untuk memberikan suatu insturksi oleh manusia ke komputer.
2. Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer, sebutkan 6 dan jelaskan!
Jawab:
1. Command Line Interface merupakan interkasi menggunakan satu baris perintah
2. Menu merupakan pilihan yang disediakan oleh suatu perangkat lunak.
3. Natural Language merupakan bahasa pemograman terstruktur
4. Question/Answer and Query Dialogue
5. Form-fills and Spread Sheets
6. WIMP(Window Icon Menu Pointer)
3. Model interaksi ke enam atau terakhir adalah WIMP (Windows Icon Menu Pointer) jelaskan !
Jawab :
Window merupakan area pada layar monitor yang mempunyai sifat seperti terminal independen yang terdiri dari teks atau grafis.
Icon merupakan gambar yang berukuran kecil yang mewakili suatu objek dalam antar muka, dapat merupakan lambang dari suatu aplikasi.
Menu merupakan pilihan yang disediakan di layar. Pemilihan menu dilakukan dengan menggunakan pointer.
Pointer merupakan tumpu pada proses penunjukan dan pemilihan sesuatu.
4. Tujuan IMK untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Sebutkan hubungan bidang-bidang ilmu yang berperan pada IMK!
Jawab:
1. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)
2. Artifical Intelegence (Kecerdasan Buatan)
3. Computational Linguistik (Bahasa Komputer)
4. Psikologi
5. Antropologi
6. Matematika
7. Seni dan Budaya
8. Sosiologi
5. Sosiologi adalah studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, berikan contohnya!
Jawab :
Facebook, Twitter, Instagram
6. WYSIWYG hal ini juga perlu menjadi perhatian software engineer pada saat membangun antarmuka, apa yang dimaksud dengan itu?
Jawab :
WYSIWYG ( What you see is what you get) berarti apa yang anda lihat adalah yang anda dapatkan. Contohnya ketika anda memakai fungsi Italic pada Ms. Word maka tulisan anda akan miring.
7. Sistem komputer mempunyai 3 aspek yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), manusia (brainware) yang saling terkait dan berhubungan. Jelaskan.
Jawab :
Dimana hardware berfungsi sebagai alat input dan output, dan software merupakan penghubung antara hardware dan brainware dalam melakukan suatu tujuan. Pada saat tujuan tersebut selesai maka akan dikeluarkan oleh output dari hardware.
8. Kapasitas manusia satu dengan yang lain dalam menerima rangsang dan memberi reaksi berbeda satu dengan yang lain dan hal ini menjadi faktor yang harus diperhatikan dalam merancang interface. Bagaimana mengetahui hal ini dan ilmu apa berkaitan dengan interkasi manusia dan komputer?
Jawab :
Dengan memakai aspek Human characteristic yaitu karakteristik manusia sebagai pemroses informasi, bahasa yang digunakan manusa dalam berinteraksi dengan yang lain dan kenyamanan dalam bekerja.
Ilmu yang berkaitan dengan ini adalah antropologi dan sosiologi.
9. Mata manusia digunakan untuk menghasilkan persepsi yang teroganisir akan ... lengkapi kalimat itu!
Jawab :
Gerakan, ukuran, bentuk, posisi, tekstur, dan warna.
10. Bagaimana komputer melakukan proses yang berdasarkan alasan atau logika!
Jawab:
Komputer melakukan proses dengan runtutan yang bisa diterima akal manusia untuk mengasilkan suatu output, jika pada proses terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan logika maka proses akan berhenti tidak mencapai suatu output.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar